Selasa, 01 Mei 2012

candu Sigur Ros

Sekitar dua bulan lalu, seperti malam-malam tidak bisa tidur sebelumnya, saya pun menjalankan 'ibadah sunah' yaitu youtubing. Bosan melihat video pertandingan Juventus tahun 90an, akhirnya saya googling dengan keyword yang  polos yaitu: video klip kontroversial wajib tonton. Muncul lah satu situs yang menampilkan beberapa video klip salah satunya Sigur Ros - Viorar Vel Til Loftarasa (cerita sedikit, sebelum ngetik kata viorar di blog ini selama dua bulan ter-sigur ros-kan saya mengira viorar itu vidrar, saya merasa gagal dalam membaca, saya harus kembali menggunakan kaca mata. Sampai akhirnya saya googling lagi kata vidrar, dan ternyata juga ada yang nulis vidrar vel til loftarasa. oh man, saya merasa dipermainkan, yang benar viorar apa vidrar? saya sudah coba googling dan google translet (sepertinya google sudah pantas saya jadikan Tuhan) namun akhirnya saya tunda mencari lebih dalam, lebih baik menyelesaikan tulisan ini dulu, baru nanti saya cari tahu dan saya posting lagi). Oke balik ke cerita utama, sebelumnya saya sudah tahu tentang band ini, tapi tidak pernah sekalipun mendengarkan lagunya.

Akhirnya setelah buffering dan........... menganga lah saya mendengarkan lagu dan melihat video klip tersebut. Saya merasa ada di dunia lain (ini serius) mungkin juga karena faktor tengah malam yang sunyi, suasana hati yang tidak menentu. Tapi saya rasa ini juga karena Sigur Ros yang memiliki energi berbeda yang aneh dan sangat kuat dalam lagunya. Kelam, desperate, suram, mencekam dan berpotensi untuk memotivasi orang bunuh diri, dan entah kenapa saya suka lagu yang seperti ini. 

Di video klip Viorar Vel Til Loftarasa ini ceritanya tentang dua orang laki-laki usia 13-15 tahunan  yang saling mencintai, dan pada scene mereka berdua dalam satu pertandingan bola, saat salah satu dari mereka berhasil mencetak gol mereka berdua melakukan selebrasi ciuman di tengah lapangan di hadapan seluruh teman-teman, guru dan orang tua murid. Ciuman yang.......sangat syahdu dan dari hati bukan porno dan menjijikan (menurut saya yang bukan laki-laki). Effect slow motion yang mempertegas ekspresi damai kedua pemuda itu berciuman, seorang bapak yang marah, dan ekspresi jijik oleh teman-teman sekolahnya membuat saya makin penasaran siapa orang di balik pembuatan video klip super keren ini. Video klip ini sangat Jonsi  sekali, karena kabarnya dia adalah seorang gay. 

Dan saya pun jatuh cinta pada lagu pertama dengan Sigur Ros (dan si jenius Jonsi). 

Saya mencari tahu video-video yang lain, dan tetap saja unsur keren nya gak luntur-luntur. Di video klip Svefn G Englar lebih tepatnya ketika Jonsi menyenandungkan "ciyuhuuuuuu" di menit ke 3.09 terlihat sepasang penderita autism sedang berpelukan, keduanya memejamkan mata dan menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri di hamparan rumput hijau yang luas, tidak lupa dengan effect slow motion. 

Dan masih banyak video klip cerdas lainnya. Berhubungan lirik mereka menggunakan bahasa Islandia yang melihat huruf-hurufnya saya tidak mengerti bagaimana cara melafalkannya dengan benar, saya hanya terhipnotis dengan alunan suara, musik dan visual yang diberikan tanpa tahu makna lagunya (beberapa lagu saya tahu berkat google translet). 

Aliran musik Sigur Ros adalah post-rock, yang memakai instrumen rock tapi bukan untuk lagu rock, biasanya struktur musiknya dari lemah ke keras kayak ada klimaksnya, tidak ada reff/chorus, lebih jelasnya  post-rock adalah quiet-hard-silent-noise-hard-quiet dan durasi waktu yang lama. 

Menurut saya (edisi sotoy) dua ciri-ciri utama band yang cerdas itu adalah pertama ketika kita mendengar nama bandnya, hal yang pertama kali terbayang di benak kita adalah lagunya bukan muka-muka anak bandnya. Kedua ketika mendengarkan lagunya kita hanya diam, memfokuskan indera pendengaran dan menumpulkan penglihatan, tidak ada niat untuk ikut bernyanyi mengikuti lagu, dan Sigur Ros mendapati urutan paling atas untuk daftar band cerdas menurut catatan saya (padahal baru kenal dua bulan loh)


PS: ternyata bukan viorar vel til loftarasa atau vidrar vel til loftarasa, yang benar adalah Viðrar Vel Til Loftárása

1 komentar:

  1. terkesima selalu ketika alunan lagu lagu sigur ros lewat telinga sampai ke dalam otak, entah apa yg terjadi di dalamnya, sekujur bulu kuduk berdiri, edan emang kaya dihipnotis *nice post

    BalasHapus

leave your comment..